Wednesday 28 December 2016

Kill! by Michael Marshall


Phew! Satu lagi novel ber-genre thriller berhasil saya selesaikan. Buku ini saya dapatkan dari seorang teman pada tahun 2012, yang mana baru saya ketahui belakangan ini bahwasannya novel ini TERDIRI ATAS TIGA SERI. Sebuah tindakan yang cukup berani tatkala saya memutuskan untuk melanjutkan membaca seri pertama tanpa memiliki, bahkan pernah melihat, seri-seri lanjutannya. Saya melakukan hal itu bukan tanpa alasan, namun Marshall benar-benar menyeret saya dalam kisah yang dibangunnya sedemikian rupa sehingga saya tidak memedulikan bagaimana nasib saya selanjutnya jika buku ini berakhir dan saya tidak memiliki seri lanjutannya sama sekali.

Buku ini diterjemahkan dari versi aslinya yang berjudul The Straw Men. Bercerita tentang tiga kasus kriminal yang terlihat tidak saling berkaitan satu sama lain, namun ternyata memiliki benang merah yang membuat saya tidak sabar ingin mengetahui akhir dari cerita ini. Yeah, walaupun saya tahu kenyataannya bahwa cerita masih bersambung dalam dua buku selanjutnya. Tiga kasus kriminal terkait penembakan massal, kecelakaan misterius, dan penculikan gadis remaja merupakan potongan-potongan kain perca yang dirajut secara perlahan tapi pasti oleh Marshall.

Agak bikin gemes sih, penyelesaian konflik-konflik di sini dilakukan oleh seorang polisi, yang nampaknya lebih ke pembalasan dendam terhadap tokoh penjahat akibat masa lalunya pernah direnggut oleh penjahat tersebut. Ya gimana, apalah polisi tanpa bantuan detektif, melawan serangkaian penjahat kelas kakap, jadi kayak lagi main kucing-kucingan, dipermainkan, layaknya perasaan ini. TSAHHH.

Kalau boleh sotoy sih, ceritanya akan menuju pada sebuah konspirasi, yang entah apa maksud dan tujuannya. Detil-detil yang diangkat oleh Marshall betul-betul membawa saya bergidik ngeri tatkala membaca dan meresapi petunjuk-petunjuk yang terbuka lembar demi lembar. Marshall berhasil mengeksekusi kisah-kisah tersebut dengan lugas dan tegas, tanpa banyak bertele-tele dengan kisah sampingan yang sedikit, bahkan tidak ada, kaitannya dengan kisah utama. Buku ini benar-benar menjerat saya, dan menuntut untuk segera diselesaikan. Good job Marshall!


Penilaian: 4/5
Judul buku: Kill!
Judul asli:
The Straw Men
Penerjemah: Ella Elviana
Jumlah halaman: 509 halaman
Penulis: Michael Marshall
Penerbit: Dastan Books
ISBN: 978-979-3972-23-7

No comments:

Post a Comment