Monday 29 January 2018

Tua Itu...... Pilihan

Jadi gini, di tempat saya bekerja, tersebutlah seorang pegawai perawatan elektrik dan mekanik. Namanya Bapak Sholeh, orang-orang memanggil beliau Opa, karena cucunya ada yang sekolah di sini. Tapi teman-teman maintenance di sini memanggil beliau Babeh, mungkin biar lebih akrab. Saya sendiri awalnya memanggil beliau dengan sebutan "Pak", tapi lama kelamaan ikut-ikutan manggil Babeh, jadi selanjutnya beliau akan saya sebut Babeh.

Babeh ini usianya mungkin 60-an, gak paham juga saya, intinya secara fisik sudah tidak muda lagi. Dulunya bekerja di perkapalan, bagian mesin dan listrik kalau gak salah. Lalu pensiun, urus cucu, lalu diminta bantuannya untuk bekerja di sini. Pengalamannya gak usah ditanya lah.

Di masa tuanya ini saya rasa Babeh bukan lagi cari uang, udah kenyang kali jaman di perkapalan dulu. Tapi saya gak akan bahas itu, because who am I to judge? Yang mau saya bahas, saya amat mengagumi sosok Babeh. Orang tua tapi jiwanya muda, ini yang bikin saya hormat sama beliau. Ini bukan tipe yang udah tua tapi sok-sok muda tapi masih pengen di-tua-in, ya. Bukan. Apa ya istilahnya, woles kali ya hahaha.

Gini contohnya, Babeh tuh sering banget bercanda, ngelawak, bahkan gak jarang anak-anak maintenance yang umurnya terpaut jauh banget, pada songong. Tapi beliau menanggapinya santai aja gitu. Kurang tahu ya di dalam hati Babeh gimana, tapi yang ditampakkan di luar tuh ke-woles-annya aja gitu. Itu yang bikin saya makin hormat sama beliau.

Contoh lainnya yang saya alami sendiri, waktu itu saya sedang tugas piket, hari Sabtu shayy. Nah Babeh ini kalau hari sabtu jadwalnya bener-benerin mesin yang rusak-rusak. Nah kebetulan tuh benerin mesinnya gak jauh dari tempat saya piket. Mondar mandir gak tau nyari apaan. Sambil bawa-bawa tabung kecil gitu, mungkin isinya oli.

Saya sebagai pemerhati tentunya khawatir itu barang bakal jatuh atau tumpah, secara itu oli bray. Kayaknya. Saya bilang lah, "Itu apaan sih, Beh? Taruh aja dulu ngapa.". Jawabannya apa tau: Ini anggur buat minum-minum, sambil pura-pura sempoyongan.

Gak paham lagi saya. Perawakan Babeh dengan jenggot putih panjangnya sambil pura-pura mavvok itu beneran mirip aki-aki di film-film kungfu. HAHAHA. Padahal saya bilangnya serius, malah dibercandain.

Kelihatannya emang gak lucu sih, tapi bayangin aja kakek atau bokap sendiri lagi ngeluarin dad's joke. Garing-garing kocak gimana sih. HAHA.

Terus pernah nih, waktu itu rapat sama pak bos. Saya, kepala GA, dan maintenance senior, termasuk Babeh. Satu bangku di depan saya kosong, dan saya sedang malas betul duduk di depan (hehe maap pak bos). Di barisan saya hanya ada Babeh, ya otomatis saya minta beliau untuk duduk di depan dong.

Beliau gak mau, apa katanya: Saya kalau duduk di depan suka ga kedengeran

APAAN SIH HAHAHAHAHAH.

Terus temennya 'ngomelin', agak emosi juga dia: Gimane sih lu di depan malah ga kedengeran!!

Udah kayak nontonin lenong hahahahhahaha.

Babeh ini termasuk dalam kategori kakek lincah. Gak bisa diam. Ada aja yang di-oprek. Pernah ditegur sama pak bos karena dinilai bekerja kurang memperhatikan aspek keamanan. Padahal instrumen keamanan sudah disediakan. Jawabannya apa coba: Saya mah kalau manjat manjat aja Pak.

Ya makin diomelin lah sama pak bos. FYI Pak bos ini usianya lebih muda dari Babeh, jadi bayangin aja kayak anak lagi ngomelin bokapnya yang lagi bandel, tapi bokapnya ngeyel.

Persis ayah saya ketika saya menemukan 3 cangkir bekas kopi dalam satu hari, dan dia ngeles katanya  itu cangkir dari kemarin-kemarin, lupa diangkut. Padahal ampasnya masih basah semua. And I am the one who did all the dishes in this house, jadi gak mungkin ada yang kelewat. YHA. DO I LOOK LIKE I KNOW NOTHING, DEAR POPS?

Intinya, saya banyak belajar dari Babeh. Banyak mencontoh dari Babeh. Pengabdiannya, terutama wolesnya. Mungkin karena wolesnya itu Babeh masih lincah di usia segini. Hidupnya bahagia, selalu merasa cukup, hati dan pikirannya tenang jadi tubuh ikut sehat, tetap muda di usianya yang kian menua.

Sehat-sehat ya, Beh. Bahagia terus. Aamiin.

Karena menua itu pasti, tapi menjadi 'tua' itu pilihan......

No comments:

Post a Comment