Saturday 20 June 2020

Kisah-kisah Tengah Malam by Edgar Allan Poe


Sinopsis:
Kisah-Kisah Tengah Malam berisi 13 cerita pendek karya klasik Edgar Allan Poe. Masing-masing cerita akan membawa pembaca menuju pengalaman penuh ketegangan, teror, dan misteri. Beberapa cerpen Edgar Allan Poe yang terkenal, seperti Black Cat, The Fall of the Usher, dan Tell-Tale Heart bisa kalian temukan dalam kumpulan cerpen ini.

Saat membaca Kisah-Kisah Tengah Malam, pembaca diajak memasuki rumah tua misterius, pembalasan dendam, kegelisahan sang pembunuh, hingga terombang-ambing dalam badai di lautan. Dan pada akhirnya, kumpulan cerpen pilihan ini akan membuat pembaca terkagum-kagum pada master horor gotik, Edgar Allan Poe.

Ulasan:
Perpaduan horor-klasik yang sarat akan ironi (dan beberapa humor gelap), menjadikan setiap lembarnya semakin mencekam. Saya selesai membaca buku ini hanya dalam dua hari, karena memang ceritanya sangat seru dan terjemahannya sangat bagus sehingga bagi saya yang kurang menyukai sastra klasik karena bahasanya yang berat, dapat dengan mudah mencerna setiap kalimat di buku ini.

Suasana horor yang dibangun penuh dengan makna tersirat, bahkan terhadap kehidupan sekalipun isinya didominasi dengan kematian. Berisi 13 cerita pendek (seperti yang sudah dijelaskan dalam sinopsis), yang membuat wujud rasa takut pembaca tidak hanya tentang gambaran hantu ataupun mahluk tak kasat mata, melainkan tentang perasaan bersalah, penyiksaan yang perlahan-lahan, pertaruhan antara hidup dan mati, pertarungan antara baik dan buruk dengan diri sendiri, hingga..... cinta sejati sampai mati.

Alur yang dibuat juga jelas, membuat pembaca menebak-nebak akhir dari cerita, yang secara umum tebakannya benar, namun ada beberapa yang cukup mengejutkan juga menurut saya, berbeda dengan tebakan saya pada awalnya. Bagi yang menyukai horor gotik khas jaman dahulu kala, dengan alur cerita yang sederhana namun memiliki makna yang dalam, buku ini sepertinya cocok.

Quotes atau kutipan dari buku Kisah-kisah Tengah Malam:

"Lukisan ini adalah Kehidupan!" -- sebelum memutar tubuh untuk memandang istrinya: "Dia sudah mati!"
hlm. 60
"Bukan kengerian yang kurasakan, yang membuatku gemetar, melainkan secercah harapan. ..."
hlm. 84

... Bahkan bagi mereka yang tak pernah khawatir akan hidup-dan-mati, ada beberapa hal yang tidak boleh dijadikan bulan-bulanan. ...
hlm. 144

... Aku ingat pidato kecilnya tentang bagaimana manusia sering kali mengambil kesimpulan yang salah karena ketidakmampuan mereka dalam menilai suatu hal, terutama dalam kasus penglihatan ...
hlm. 188


Judul: Kisah-kisah Tengah Malam
Pengarang: Edgar Allan Poe
Penerjemah: Maggie Tiojakin
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 284 hlm.
ISBN: 9789792265387
Penilaian: 5/5

No comments:

Post a Comment