Saturday 25 July 2020

Manurung: 13 Pertanyaan untuk 3 Nama oleh Faisal Oddang



Sinopsis:
Prajurit-prajurit dari Luwu, Ware, dan Cina dikumpulkan. Darah yang mengalir dari tubuh mereka, kelak membuatmu tumbuh dan kematian akan segan padamu. Mereka harus saling menghabisi dalam perang yang tidak mereka hendaki—sejak dulu, di Dunia ini, orang-orang saling membunuh untuk kematian yang tidak mereka inginkan. Perang umpama genderang yang bisa ditabuh kapan saja oleh Kekuasaan—dan Kekuasaan punya banyak tangan untuk menutup telinganya dari suara tabuhan.

Buku ini berisikan kumpulan puisi yang membangun sebuah cerita atau kisah penciptaan dunia berdasarkan epos La Galigo. Sebagai seseorang yang tidak menguasai epos atau cerita kepahlawanan La Galigo, atau katakanlah sebuah peristiwa mitologi/legenda/warisan budaya masyarakat Bugis, tentunya saya memerlukan usaha yang lebih untuk memahami alur dari buku ini.

Membawa kisah yang khas bukan berarti puisi dalam buku ini tidak dapat dinikmati oleh masyarakat awam. Setiap potong puisinya dapat dimengerti dan diterima menjadi berbagai interpretasi. Adanya ilustrasi pada setiap lembarnya membuat kesan dalam buku ini semakin terbangun.

Saya tidak akan membahas mengenai alur cerita dalam buku ini, dikarenakan pengetahuan yang terbatas akan kisah yang bersangkutan. Dalam ulasan ini saya akan memosisikan diri sebagai pembaca awam yang tidak memahami betul tentang kisah yang dibawakan, dan, ya, menurut saya buku ini dapat dinikmati oleh seluruh kalangan, meskipun diperlukan usaha yang lebih keras untuk memahami setiap diksinya.

Banyak pelajaran yang bisa diambil, tentang kehidupan, ketuhanan dan kehambaan, kepatuhan terhadap orang tua, hingga.... kisah cinta terlarang.

Beberapa potongan puisi dalam buku Manurung: 13 Pertanyaan untuk 3 Nama:

Manusia harus mengenalnya meski tidak pernah Kematian mengulurkan tangan untuk dijabat atau mengucapkan nama untuk dikenang. - hlm. 64

… kau terlalu lemah di depan cinta, kau bahkan tak mampu menutup mata dan telingamu dari sesuatu yang datang dari selangkangan. - hlm. 84


Judul:
Manurung: 13 Pertanyaan untuk 3 Nama
Pengarang: Faisal Oddang
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 128 hlm.
ISBN: 9786020376813
Penilaian: 3/5

No comments:

Post a Comment