Saturday 25 July 2020

Cat Stories (Kisah-kisah Kucing) by James Herriot



Sinopsis:
Kumpulan kisah tentang kucing dan para pemiliknya, dari dokter hewan dan pencerita paling disayangi di dunia James Herriot. Ada Cerita tentang Buster, anak kucing yang datang pada Hari Natal; Alfred, kucing pemilik toko gula-gula; Emily yang tinggal bersama tuannya yang pengelana; serta Olly dan Ginny, sepasang anak kucing yang muncul di rumah keluarga Herriot untuk meminta makanan. James Herriot menuturkan setiap kisah dengan penuh kehangatan dan kasih sayang yang menjadi ciri khasnya.
Ulasan:
Buku ketiga karya James Herriot yang saya baca. Masih sama seperti karya-karya lainnya, buku ini menceritakan tentang kisah seorang dokter hewan dalam menangani pasien-pasiennya, dalam hal ini kucing. Penyampaian Herriot yang hangat dalam menyampaikan peristiwa yang dialami hewan-hewannya tersayang, membuat kita merasa sedang dibacakan dongeng sebelum tidur oleh kakek sendiri.

Bahasa -dalam hal ini terjemahan- nya ringan sekali, cocok menjadi bacaan yang santai untuk sejenak menghangatkan hati dan menenangkan pikiran dengan kisah-kisah hewan yang jenaka dan menyentuh. Bagi pecinta hewan, khususnya kucing, buku ini amatlah patut dicoba. Menceritakan kucing-kucing dengan masing-masing perilakunya yang unik hingga kisah yang menitikkan air mata.

Ciri khas dari setiap cerita yang dibuat oleh Herriot adalah, ia selalu meletakkan nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil manusia dari perilaku seekor hewan. Jadi buku ini sangatlah sesuai untuk dijadikan bacaan pengantar tidur anak-anak. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi masing-masing kucing sesuai dengan penggambaran Herriot di setiap bagiannya.

Satu lagi yang membuat saya semakin menyukai buku ini, tidak terlalu banyak 'kontribusi' manusia yang dimuat di sini, menjadikan setiap ceritanya singkat namun padat akan kisah Si Kucing. Dengan penyampaian seperti ini, saya rasa 12 cerita tidak akan pernah cukup ;)


Judul asli: Cat Stories
Judul terjemahan: Kisah-kisah Kucing
Penulis: James Herriot
Penerjemah: Jia Effendie
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 216 hlm.
ISBN: 9786020328775
Penilaian: 5/5

No comments:

Post a Comment