Sunday 4 February 2018

Perfect Timing by Jill Mansell

Baiklah, kali ini saya memutuskan untuk kembali membaca buku dengan tema percintaan, setelah beberapa tema kriminal dan pembunuhan menghiasi hari-hari saya. Atas saran seorang teman, biar ga pahit-pahit banget hidup, ceunah.
 
Sinopsisnya cukup menarik, tentang kegalauan seorang Poppy Dunbar yang sudah bertunangan tiba-tiba jatuh cinta dengan pria lain, dan memutuskan untuk pergi meninggalkan rumahnya, tanpa memilih satupun dari kedua pria itu. Itu mah namanya, kata orang tua, ujian menjelang pernikahan, neng Poppy. Mantan atau cowok lain kelihatannya lebih seger aja gitu dari calon kita, padahal sesungguhnya itu hanyalah bujuk rayu syaiton~

Ringan memang, kisah percintaan khas anak muda dengan konflik yang tidak jauh dari jatuh cinta, senang-senang, patah hati, senang-senang, pokokmen senang-senang terus. Namanya juga cerita cinta, jaman sekarang, semua serba gampang, gak kayak zaman perjodohan dulu, rumit.

Namun nampaknya Jill Mansell terlalu bertele-tele di depan, sehingga ending-nya terkesan seperti dibungkus secara terburu-buru. Awalnya saya mengharapkan perjalanan cinta Poppy yang dibungkus dengan konflik perlahan, yang dapat mengombang-ambingkan perasaan pembaca, sehingga menghadirkan ending yang memuaskan dahaga. Namun yang saya dapati adalah, kisah cinta Poppy, yang menjadi daya tarik utama dalam novel ini, justru dihadirkan secara singkat sehingga saya kurang menikmatinya.

Lebih banyak diceritakan mengenai petualangan Poppy setelah kepindahannya, yang mana dia pindah ke London dan hidup dengan beberapa kawan baru dalam rumah sewaan milik Caspar French, si seniman ganteng yang hobinya gonta-ganti cewek. Juga kisah yang melibatkan Poppy dalam suatu konflik suatu keluarga, yang pada akhirnya berhubungan dengan siapa laki-laki yang menjadi cinta sejati Poppy. Adapun secara umum, Mansell mampu membawa pembaca mengikuti cerita dengan latar yang bersemangat dan ceria, sehingga saya tidak merasa bosan melahap buku ini hingga habis.


Penilaian: 3/5
Judul buku: Waktu yang Tepat
Judul asli: Perfect Timing

Penerjemah: Trisna Budiyati
Jumlah halaman: 494 halaman
Penulis: Jill Mansell
Penerbit: Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-02-0424-6

No comments:

Post a Comment