Sunday 2 February 2020

My Very Own Solo Trip To Jogja (Day: 2 -- Kolestrol)


Hi peeps, kali ini saya akan lanjutin cerita Jogja Day 1 yang saya posting beberapa hari lalu.

Jogja, 31 Desember 2019, 09:00 WIB
Seperti biasa, saya bangun tidur di saat penghuni kamar lainnya udah berangkat. Berbekal indomie goreng dan indokape yang saya beli semalam di alfamart, saya cuci muka dan langsung menuju dapur untuk bikin sarapan. Saya makan di ruang utama sambil ngobrol dan kenalan sama penghuni lainnya, ini pertama kalinya saya berinteraksi dengan sesama penghuni semenjak tinggal di sini.
Indomi and indokape anywhere I go
Setelah ngobrol-ngobrol cantik saya pamit mandi dan segera menuju destinasi pertama, yaitu: Tempo Gelato, yang berjarak 20 menit jalan kaki dari hostel, di jalan Prawirotaman. Agak was-was juga sih karena ini udah mau jam 12 (kelamaan ngobrol cantik), pasti di sana bakal rame banget. Dan bener aja, tempat parkir udah ga nerima kendaraan lagi, pas masuk juga isinya orang semua!
Parkiran penuh kayak hatimu
Setelah sebelumnya nanya-nanya (((prosedur))) pemesanan di Tempo Gelato sama temen saya yang udah pernah ke sana, langsung aja saya menuju kasir, sekalian nanya, es krim yang paling enak rasa apa. Setelah membayar Rp 45.000,00 untuk 3 scoop, saya diberikan nomor urut. Saya kebagian urutan nomor 147, sedangkan yang masih berjalan baru 100an. HEHE.



Selama menunggu panggilan, saya berkeliling dan mengambil beberapa foto. Saat itu gak banyak yang bisa dilakukan karena tempatnya penuh banget. Setelah itu saya menyelinap ke konter es krim, untuk menentukan kira-kira rasa apa yang mau saya pilih nanti. Ya, si pisces yang gak bisa ambil keputusan ini cuma bisa bingung saking banyaknya pilihan rasa di sana, padahal udah dikasih hint sama mbak kasirnya tadi. Sebenarnya di sana disediakan sendok es krim untuk nyobain, tapi yakaliiii saya nyobain semua rasa, yang ada digebukin sekelurahan.

Setelah berbingung-bingung ria, akhirnya saya membuat daftar di kepala saya:
  1. Eliminasi rasa-rasa yang biasa ditemui di es krim pada umumnya, kayak cokelat dan turunannya, stroberi, vanilla, dan kopi-kopian, walaupun saya suka banget kopi.
  2. Eliminasi rasa buah-buahan yang sekiranya asam, karena saya gak suka buah, apalagi yang asam. Sebenarnya kalau ada rasa pisang atau semangka, gak pake ampun langsung saya pilih.
Lagi mikir-mikir begitu, saya nemuin ada rasa kemangi dan sereh. Langsung saya pilih 2 rasa itu, karena menurut saya rasanya unik dan kayaknya gak ada dijual di mana-mana. Padahal gak tau deh itu bakal gimana rasanya, sukur-sukur kalo cuma aneh, kalo asem??

Tinggal 1 rasa nih yang belum, galau antara markisa dan kelapa. Ya emang hidup saya gitu-gitu aja, yang gampang dibikin pusing. Nanya temen, mereka nyaranin kelapa. Tapi kan itu udah biasa, es krim rasa kelapa. Akhirnya saya milih markisa, dengan pedenya ngga inget kalo rasa markisa tuh asem.


Akhirnya nomor saya dipanggil, dan dengan mantapnya saya langsung bilang "kemangi, sereh, mariksa ya Mbak."
Gak ada semenit, es krim saya jadi, padahal ngantrinya setengah jam lebih ada, dan saya langsung keluar karena di dalam semakin penuh dan ngga ada tempat lagi. 

Saatnya nyobain, JENGJENG.
Suprisingly rasa kemangi dan serehnya ENAK BANGET! Manis, tapi gak manis banget. Rasa kemangi dan serehnya juga tipis-tipis, tapi berasa. Gak kayak makan daun kok rasanya. Enak banget pokoknya.
Nah yang markisa, ASEM BANGET BRO. Gile. Jadi bikin daftar eliminasi itu sia-sia banget deh. Ujung-ujungnya salah pilih. Kayak............................ Ah, sudahlah.
Tapi di balik ke-asem-annya, rasa markisanya itu seger banget, tapi yaa bagi saya cukup sekali aja. Besok kalo ke sana lagi, tetep saya pilih kemangi dan sereh. HAHA.

13:00 WIB
Es krim saya mulai meleleh tapi gak abis-abis, dan saya udah mulai laper sama makanan berat. Niatnya hari ini mau makan sate klathak, dan menurut maps, yang terdekat dan paling banyak dikunjungi adalah Sate Klathak Kang Ipan, persis di depan RSUD apa ya saya lupa. Jaraknya sekitar 20 menitan jalan kaki dari Tempo Gelato Prawirotaman. Yaudah saya memutuskan untuk cabut, karena es krim kemangi dan serehnya udah abis duluan, sedangkan saya ngga sanggup ngabisin yang markisa sendirian. Berharap nyampe warung sate klathak, es krimnya udah meleleh sempurna jadi tinggal ditenggak aja HAHA.


Jalan yang saya lewati cukup besar, bukan jalan raya, tapi lebih ke jalan perumahan. Sempet juga ngelewatin jembatan besar, dan perbatasan Kota Yogyakarta. Akhirnya, saya nyampe di warung sate klathak. Saya langsung pesen yang umum-umum aja, sate klathak pake nasi dan es teh manis berhubung matahari lagi terik banget.

Setelah nunggu sekitar sepuluh menit, pesanan datang, gak pake ampun langsung saya habiskan, ENAK BANGET SHAY. Menu terdiri dari dua tusuk sate yang potongannya besar dan padat, yang disajikan dengan kuah gulai dengan jeroan. Satenya saya bagi dua, yang satu dimakan tanpa kuah gulai, yang satu dicampur. Menurut saya, sama enaknya, tante approved.


 Saya makan tanpa inget dosa. Bersih semua.

Waktu menunjukkan hampir pukul 2 siang, saya ada janji dengan temen dari penginapan untuk ke Parangtritis, kemudian pas berdiri mau bayar...............
Dunia berputar. WKWKWKWKWK.
Kejompoan ini gak bisa bohong. Kleyengan bro makan 2 tusuk ama jeroan tipis-tipis aja padahal. Nangos.

Tapi show must go on dong shay, abis bayar, saya jalan kaki lagi menyusuri jalanan tadi menuju ke titik ketemuan. Panas matahari bikin tambah muter aja HAHAHA. Akhirnya saya napas dulu di masjid terdekat sambil nunggu temen saya itu.

Perjalanan dari prawirotaman ke parangtritis kurang lebih 45 menit lah naik motor. Jadi, bagaimana kelanjutan saya main ke pantai berbekal kolestrol ini?
Lanjut di postingan berikutnya ya! See you!

No comments:

Post a Comment