Friday 31 January 2020

My Very Own Solo Trip To Jogja (Day: 1 -- Rebahan)

Hello everyone! Setelah berabad-abad ngga nulis blog, setelah sekian banyak tempat dikunjungi dan berakhir pada nanti-aja-ah-nulisnya, akhirnya saya kembali!

Kali ini dengan cerita libur tahun baru yang sangat impulsif. Gimana nggak? Setelah bergalau-galau mau ngetrip ke mana akhir tahun 2019 kemarin, akhirnya saya memutuskan untuk ke Jogja di H-4 keberangkatan. Gak usah ditanya lagi, tiket kereta tentunya habis dong, sisa yang harga sejutaan, tiket bis juga habis, tinggal travel aja.

Berbekal tiket travel PP dan perburuan hostel backpacker di Twitter, serta niat rebahan yang sangat tinggi alias ngga ada rencana sama sekali mau ngapain dan mau ke mana di Jogja nanti, saya berangkat. Pencarian hostel juga tentunya penuh drama, setelah bikin list sekitar 10 hostel yang sekiranya paling cocok, dan ternyata penuh semua, akhirnya nemu hostel yang masih ada slot, walaupun bukan pilihan pertama tapi ternyata asik banget tempatnya!!!

Bekasi, 29 Desember 2019, 16:30 WIB
Tibalah di hari keberangkatan yang, kembali, penuh drama alias hampir ditinggal sama travel. saya naik dari Daytrans Jatiwaringin jam 16:45 dengan perkiraan sampe jam 3 pagi, which is ga mungkin. Oh iya waktu itu saya pesen tiket tanggal 25 Desember 2019 untuk keberangkatan 29 Desember 2019 dan kepulangan 1 Januari 2020 seharga Rp 500.000,00 di Traveloka.

Dapet notebook, gantungan kunci, dan air mineral
Keberangkatan lewat jalur selatan, dengan melewati titik penjemputan di Purwakarta dan beberapa kali berhenti di tempat makan dan rest area, dan selama perjalanan abangnya nyetel film Annabelle :) Bayangkan, tengah malem, jalur selatan, Annabelle. What a perfect combination.

Jam 2 pagi masih di Kebumen dan tepat di depan bis saya ada bis Sumber Alam yang baru aja kecelakaan dan posisinya melintang. Kurang lebih 3 jam lah bis saya stuck nungguin evakuasi bis yang kecelakaan terebut. Yang tadinya saya janjian sama hostel untuk nyampe jam 5 pagi, menjadi jam 9 pagi :))

Masih panas, segini cuma goceng, dan enak!
Jogja, 30 Desember 2019, 09:00 WIB
Sesampainya di Daytrans Jogja, saya langsung pesen GoRide ke SAE SAE, hostel tempat saya menginap yang ternyata cuma beberapa puluh meter dari travel. Alias cuma semenit naik motor. Alias cuma beberapa langkah kalau jalan kaki. Hostelnya berada di Jl. Ngadinegaran MJ III Gang Cempaka No.46, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141, lengkap gak tuh. Dia masuk gang gitu dan pas nyampe sana, saya disambut sama suasana kayak gini:

Sampai di meja pendaftaran hostel, disambut sama stafnya, namanya Mba Wulan, dan saya diminta ngisi data kayak gini:

Setelah itu Mba Wulan ngajak saya keliling hostel buat ngenalin fasilitas apa aja yang bisa dipakai di situ, sampai akhirnya nyampe di kamar saya. Kamar yang saya tempati bentuknya dorm dengan kasur tingkat, selengkapnya nanti saya bikin post khusus buat review hostel ini, ya. Setelah room tour selesai, saya langsung naik ke kasur atas dan beres-beres dikit, gak lama kemudian penghuni kasur bawah saya dateng, bule cowok gitu yang denger-denger sih dari Australia, kemudian saya tidur.

Jam 12 siang saya kebangun dan langsung mandi, terus saya nyari tempat buat foto karena saat itu saya ada campaign yang deadline-nya sore HAHA. Nongkrong lah saya di Sade Kitchen yang masih satu lokasi dengan hostel, dan karena belum laper-laper banget, saya pesen es teh manis pakai sereh yang ternyata harganya cuma Rp 10.000,00 shay. Bentukannya begini, nih:

Me likey
Setelah urusan pepotoan dan submit campaign selesai, saya buka maps mau cari tempat makan, dan ternyata gak jauh dari hostel ada Gudeg Yu Djum yang berjarak satu menit jalan kaki. Sebenernya di sekitar hostel banyak tempat makan, sih. Tapi saya mau coba yang khas dan sering disebut orang-orang kalau ke Jogja HAHAHA.

Seporsi Rp 40.000,00
Sambil makan saya browsing tempat wisata terdekat yang bisa dilalui dengan jalan kaki, ketemulah Taman Sari yang berjarak sekitar 30 menit jalan kaki. Saat itu saya selesai makan jam setengah 2 siang, dan Taman Sari tutup jam 3 sore. Hampir saja saya mengurungkan niat ke sana karena sebentar lagi tutup, tapi yaudah saya coba aja.

Berbekal Google Maps, saya jalan kaki menuju Taman Sari. saya bener-bener menikmati serunya jalan kaki di Jogja, melewati gang-gang kecil yang asri dan sepi, kali aja ketemu Rangga yekan, asal bukan se-rangga. Sepanjang jalan sebenernya udah turun gerimis tipis-tipis dan langit yang semakin gelap, tapi itu malah menambah suasana makin damai, menurut saya sih.

Beberapa ratus meter lagi mendekati Taman Sari, saya ditunjukkin jalan pintas oleh tukang becak di pertigaan, mungkin dia iba melihat saya jalan kaki sendirian, mendung, gerimis, tampang bingung, akhirnya dia nanya:
"Mau ke Taman Sari ya, Mbak? Lewat sini aja lebih dekat."
"Oh, gitu, Pak? Terus ke mana lagi arahnya?"
"Iya nanti Mbak (nyebutin arah mata angin) aja, lebih dekat, enak."

Yah iya saya lupa. Di sini petunjuk arahnya pake mata angin yang juga disebut dalam Bahasa Jawa. Pake Bahasa Indonesia aja saya keder, apalagi Bahasa Jawa!

Berhubung waktu semakin mendekat ke jam 3 sore dan gerimis makin deras, serta saya yang gak berminat ditapuk sandal saking bebalnya kalo dijelasin urusan arah dan tujuan hidup, saya iya-in aja dan segera menuju arah yang ditunjuk Si Bapak setelah sebelumnya mengucapkan terima kasih.
"Ah, ada maps ini." batin saya, belagu.

YA BENER AJA NYASAR DONG.
Sepanjang jalan, lebih tepatnya gang kecil, cuma ketemu sama wisatawan yang kebingungan juga, dan kayaknya mereka bingung nyari jalan keluar, bukan jalan masuk. Yah, ga ada temen deh saya. GPS cuma muter di situ-situ aja, karena menurut maps, saya udah masuk ke wilayah Taman Sari.
Ya iya sih, tapi pintu masuknya di mana, markonah?

Akhirnya saya ketemu sama kios-kios oleh-oleh, yang pas saya tanyain jawabannya: Wah, jam segini udah tutup, Mbak.

NANGOS.

Gerimis makin deras, langit makin gelap, entah dari mana arahnya akhirnya saya nemu pintu masuk setelah muter-muter di situ, dan ternyata masih buka! Setelah membayar tiket seharga Rp 5.000,00 akhirnya saya benar-benar masuk ke Taman Sari. Yah namanya juga musim liburan, di sana penuh banget, walaupun beberapa puluh menit lagi tutup, tapi masih banyak juga wisatawan yang baru masuk.

Saya mengharapkan spot-spot foto yang ciamik karena tempatnya sebenarnya baguuuus banget, ditambah lagi hujan rintik-rintik. Tapi ya itu, isinya orang semua HAHAHA. Akhirnya saya menjelajah sendirian aja sampai ke pojok-pojokan yang gelap banget, dan sesekali nguping tour guide yang nyeritain sejarah ke rombongan wisatawan tertentu.

Di dekat pintu masuk ada ini
Gambaran di Taman Sari kurang lebih seperti ini: Setelah mengantri dan dapat tiket masuk, kita masuk melalui pintu kayu, kemudian menuruni anak tangga untuk melihat kolam yang dulunya tempat pemandian bangsawan kerajaan, tapi sekarang cuma bisa dilihat aja ya, gak bisa buat mandi kita. Pemandiannya bagus banget, dikelilingi sama tanaman-tanaman dan dinding yang tinggi (yaiyalah biar ga diintipin). Setelah itu akan ada anak tangga lagi yang mengarah ke pintu keluar. Sebelum sampai di pintu keluar, akan ada lorong yang mengarah ke kanan dan kiri bangunan, gelap dan lembab banget sih, kayaknya emang bukan hal yang diperlihatkan dari wisata ini.

Kemudian setelah meninggalkan bangunan pemandian, ada halaman besar yang mengarah ke gerbang keluar, kebanyakan para wisatawan duduk-duduk sebelum keluar. Nah, di depannya lagi ada bangunan yang kurang lebih isinya sama, lorong-lorong gelap, dan ternyata ada tangga untuk naik ke atap bangunan tersebut. Di atas ga ada apa-apa sih, cuman kalau mau foto dengan latar rumah-rumah di sekeliling Taman Sari, lumayan bagus di situ.

Karena hujan semakin deras, dan saya merasa udah puas ngelilingin Taman Sari, akhirnya saya keluar. saya menyusuri gang-gang kecil lagi yang ternyata itu adalah Kampoeng Cyber Yogyakarta. Dinding-dinding gangnya penuh dengan mural, dan di situ banyak banget pekerja seni yang membuka galeri, kebanyakan galeri lukis. Berhubung hujan nampaknya sudah tidak bisa ditahan lagi, saya memutuskan untuk segera kembali ke hostel.

Pukul 16:00 saya tiba di hostel setelah bermandikan hujan deras dengan Pak GoRide, ada mantel sih, tapi hujannya deras bangettt. Langsung aja saya ganti baju yang kering, ambil buku, bikin kopi, terus duduk di ruang utama hostel. Enak banget suasananya, hujan, kopi, buku, kurang Tom Hiddleston aja.

Kurang kamu aja
Sekitar pukul setengah 6 sore, saya yang jompo ini merasa kedinginan di luar, memutuskan untuk rebahan di ruang tengah yang gak kalah cozy-nya. Emang tujuan liburan kali ini cuma untuk rebahan dan gabut aja sih, jadi ya saya lanjutkan untuk rebahan di dalam kamar. Jam 7 malam saya udah ngerasa ngantuk karena cuaca dingin, tapi perut juga laper banget dan gak mood makan cemilan yang udah dibawa dari rumah. Yang ada dipikiran saya saat itu cuma BAKSO. Tapi saya mager banget jalan kaki lagi, jadi saya merem-meremin aja lah. Tapi bayangan kuah panas bakso dan teh manis panas menggerayangi tidur saya. Akhirnya saya buka maps dan menemukan kedai bakso terdekat dan terbanyak pengunjungnya, yaitu warung bakso Contreng yang berjarak kurang lebih 8 menit jalan kaki.

Rebahan di ruang tengah
Ternyata usaha saya jalan kaki hujan-hujanan terbayar lunas, baksonya ENAK BANGET. Isinya lengkap, ada bakso gorengnya segala. Dan yang paling penting, mereka bilang tidak menggunakan MSG, tapi surprisingly rasa masakannya masih tetap berasa di lidah generasi micin kayak saya. Seingat saya harga seporsi bakso dan teh manis panas tuh Rp 20.000,00. Setelah menghangatkan diri, saya nemuin Alfamart di seberang warung bakso ini, yaudah saya mampir dan belanja indomie, kopi, cemilan buat pulang nanti, karena saya yakin besok pagi bakal mager banget nyari sarapan.

Enak banget
Sekitar pukul 21:00 saya tiba di hostel, langsung cuci kaki, cuci muka, rebahan di kasur, dan tau-tau tidur aja.

Day 2 nya lanjut besok yaaa :)